Money is Yours But Resources Belong To The Society


restoran jerman

Jerman adlh sbuah negara industri terkemuka. Di negara spt ini, byk yg mngira warganya hidup foya2. Ktika sy tiba di Hamburg, sy brsama rekan2 msk ke restoran. Kami lihat byk meja kosong. Ada satu meja dimana spasang anak muda sdg makan. Hanya ada 2 piring mkanan & 2 kaleng bir di meja mereka. 


Saya bertanya dalam hati apa hidangan yg begitu simple dapat disebut romantis & apa si gadis akan meninggalkan si pemuda kikir tsb? Kemudian ada lg beberapa wanita tua di meja lainnya. 

Ketika makanan dihidangkan, pelayan membagi makanan tersebut & mereka menghabiskan tiap butir makanan yg ada di piring mereka. Karena kami lapar, rekan kami pesan lebih banyak makanan. Saat selesai, tersisa kira2 sepertiganya yang tidak dapat kami habisin di meja. Begitu kami hendak meninggalkan restoran, wanita tua yg dari meja sebelah berbicara pada kami dalam bahasa Inggris, kami paham bahwa mereka tidak senang kami memubazirkan makanan. 

"Kami yang bayar kok, bukan urusan kalian berapa banyak mkanan yg tersisa", 

kata rekanku pada para wanita tua tersebut. Wanita-wanita itu meradang. Salah satunya segera mengeluarkan HP & menelpon seseorang. Sebentar kemudian seorang lelaki brseragam Sekuritas Sosialpun tiba. Setelah mendengar tentang sumber msalah prtengkaran, ia menerbitkan surat denda Euro 50 pd kami. Kami semua trdiam..Petugas tsb berkata dgn suara yg galak, 
“PESAN HANYA YG SANGGUP ANDA MAKAN, UANG ITU MILIKMU TAPI SUMBER DAYA ALAM INI MILIK BERSAMA. ADA BANYAK ORG LAIN DI DUNIA YG KEKURANGAN. KALIAN TDK PUNYA ALASAN UTK MENSIA-SIAKAN SUMBER DAYA ALAM TSB.”
Pola pikir dari masyarakat di negara makmur tsb membuat kami semua malu bener, KAMI SUNGGUH HARUS MERENUNGKAN HAL INI. Kita ini dari negara yg tidak makmur-makmur amat. Utk gengsi, kita sering pesan banyak & sering berlebihan saat menjamu orang. 
PELAJARAN INI MENGAJARI KITA UTK SERIUS MENGUBAH KEBIASAAN BURUK KITA.“MONEY IS YOURS BUT RESOURCES BELONG TO THE SOCIETY.”

Jadi mari mulai mengurangi pemubaziran, krn uang memang milikmu, tapi sumber daya alam itu milik bersama

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.